Tutup Iklan
Bandung Raya

Inovasi Layanan Publik, Desa Nanjung Mekar Luncurkan Pelayanan Administrasi Surat Menyurat via WhatsApp

227
×

Inovasi Layanan Publik, Desa Nanjung Mekar Luncurkan Pelayanan Administrasi Surat Menyurat via WhatsApp

Sebarkan artikel ini

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan memperkuat layanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek telah memperkenalkan inovasi baru yang mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem administrasi. 

Dengan melakukan inovasi baru dalam modernisasi pelayanan publiknya di Desa Nanjung Mekar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Kepala Desa Kiki Kosasih melaunching sebuah program pelayanan administrasi surat menyurat yang baru di Desa Nanjung Mekar pada Rabu, 8 Mei 2024.

Program yang dinamakan “WhatsApp Admin Kadesa” ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses penyediaan dokumen administratif bagi warga Desa Nanjung Mekar.

Dalam acara peluncuran yang sederhana namun penuh antusiasme tersebut, Kepala Desa Kiki Kosasih mengatakan, dengan hadirnya layanan WhatsApp Admin Kadesa, kami berharap semua warga Desa Nanjung Mekar dapat mengakses layanan administratif dengan lebih mudah dan cepat.

“Ini adalah langkah kami dan juga merupakan program unggulan kami saat mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Nanjung Mekar dengan memperbaiki kualitas layanan publik di desa kami,” ujar Kiki.

Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang seringkali kesulitan datang langsung ke kantor desa karena berbagai alasan, seperti kesibukan bekerja atau kondisi geografis yang menjauhkan mereka dari pusat pemerintahan desa.

Layanan “WhatsApp Admin Kadesa” memungkinkan warga untuk mengirimkan permintaan dokumen administratif yang sehari-hari dilakukan pengurusan oleh masyarakat di desa seperti surat keterangan tidak mampu (SKTM), serta dokumen penting lainnya.

Warga masyarakat melakukan permintaan melalui WhatsApp admin Kadesa, kemudian setelah permintaan diterima, operator layanan akan memproses dokumen yang diperlukan dan mengantarkannya langsung ke rumah warga, tanpa perlu warga tersebut datang ke kantor desa,” terangnya.

Ini tentunya menjadi solusi yang sangat praktis bagi masyarakat, sekaligus memberikan kemudahan dalam hal aksesibilitas dan juga transparansi.

“Saat ini kami menggunakan layanan dengan WhatsApp, kedepannya kami akan integrasikan menggunakan web atau aplikasi sehingga nantinya warga dapat melihat langsung prosesnya secara sistematis,” jelas Kades Nanjung Mekar.

Dan keuntungan lain yang diperoleh dari implementasi layanan berbasis WhatsApp ini adalah peningkatan kepuasan warga terhadap manajemen administratif desa.

Warga akan merasa lebih dihargai dan dilayani dengan baik, mencerminkan peningkatan kualitas layanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

“Harapan ke depannya, program ini dapat berjalan dengan baik dan bisa dikembangkan lagi dalam teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Kiki Kosasih.

Sementara itu, Sasa Ketua RW 011 Desa Nanjung Mekar mengapresiasi langkah Pemdes Nanjung Mekar dalam program pelayanan administrasi secara digital.

“Semoga program ini berjalan dengan baik, sehingga menjadikan Desa Nanjung Mekar ini menjadi desa yang maju dan sejahtera,” harapnya.(Hendriko)

Jabar Raya | Dari NTB Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications