Tutup Iklan
Bandung Raya

Polresta Bandung Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Dengan Tema Kebangkitan Menuju Indonesia Emas

6
×

Polresta Bandung Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Dengan Tema Kebangkitan Menuju Indonesia Emas

Sebarkan artikel ini

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Polresta Bandung mengadakan upacara bendera di Mapolresta Bandung. Senin, 20 Mei 2024.

Upacara tersebut mengusung tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas” dan Kompol Sungkowo bertindak selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh Pejabat Utama Polresta Bandung, Kapolsek Jajaran, Personil dan ASN Polresta Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kabag Ops Kompol Sungkowo dalam arahannya membacakan amanat dari Menkominfo, hal yang ditekankan adalah pentingnya dalam kemajuan segala bidang yang menjadi bagian pembangunan bangsa.

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat dan kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia,” ujarnya.

Sejarah tidak hanya sebagai masa lalu, tetapi juga sebagai panduan untuk masa depan yang lebih cerah dalam mengenang sejarah kebangkitan nasional.

“Organisasi Boedi Oetomo berdiri pada 20 Mei 1908, yang didirikan oleh para dokter dan calon dokter di Batavia, menjadi pionir dalam gerakan kemerdekaan Indonesia,” terangnya.

Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

“Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggapnya sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda,” lanjutnya.

Jiwa nasionalisme yang telah dipelopori oleh Boedi Oetomo, saat ini berkembang menjadi nasionalisme yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda.

Selain itu, Kompol Sungkowo dalam membacakan amanat Menkominfo menekankan pentingnya penguasaan teknologi di era modern ini sebagai faktor kunci untuk menggapai kemajuan.

“Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru, karena banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi,” tegasnya.

Upacara bendera ini tidak hanya menjadi simbol peringatan, tetapi juga momentum penting untuk merefleksikan semangat kebangkitan nasional.

“Dengan menghadapi tantangan dan peluang di era digital, semangat kebangkitan nasional diharapkan dapat terus menyala dan menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Humas Polresta Bandung