Tutup Iklan
Bandung Raya

Dana Desa Tahap I 2024 Mendorong Beragam Program di Desa Margaasih yang Bermanfaat

26
×

Dana Desa Tahap I 2024 Mendorong Beragam Program di Desa Margaasih yang Bermanfaat

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Margaasih Yayan Suryana meninjau langsung pembangunan infrastruktur jalan desa (dok: Istimewa)

Penyaluran Dana Desa Tahap I tahun 2024 telah membawa angin segar bagi pembangunan desa di seluruh Indonesia, terutama bagi Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung.

Dana ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Margaasih.

Kepala Desa Margaasih Yayan Suryana, mengatakan bahwa Desa Margaasih telah menerima alokasi Dana Desa Tahap I untuk tahun 2024. 

“Salah satu program unggulan yang akan didanai adalah pembangunan infrastruktur desa, dan dalam beberapa bulan mendatang dimana jalan-jalan desa yang rusak akan diperbaiki untuk mempermudah akses transportasi dan mobilitas warga,” ujar Yayan saat ditemui di Kantor Desa. Selasa, 25 Juni 2024.

Selain itu, pembangunan saluran irigasi juga menjadi prioritas untuk mendukung sektor pertanian, yang merupakan mata pencaharian utama bagi sebagian besar penduduk desa.

“Dana Desa tahap I tahun 2024 ini, selain infrastruktur akan dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan workshop,” ucapnya

Lanjut Yayan, program-program ini nantinya akan dirancang untuk meningkatkan keterampilan warga, terutama dalam bidang pertanian, kerajinan tangan, dan kewirausahaan. 

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan warga dapat lebih mandiri dan meningkatkan pendapatan warga Desa Margaasih,” sambungnya.

Sedangkan untuk kesehatan juga menjadi fokus penting dalam penggunaan Dana Desa Tahap I 2024 seperti peningkatan fasilitas kesehatan seperti posyandu dan klinik desa, dan akan memastikan warga mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

Kepala Desa juga menegaskan bahwa transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana ini sangat penting. 

“Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mengawasi pelaksanaan program-program yang ada,” ungkapnya.

Dengan demikian, setiap rupiah yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan manfaat yang maksimal bagi desa.

Berbagai program yang telah direncanakan, Desa Margaasih optimis dapat mencapai kemajuan yang signifikan di tahun 2024. 

“Semoga langkah-langkah yang diambil Pemdes Margaasih akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi seluruh warga Desa Margaasih,” pungkasnya.

Hendriko